Melatih Ayam Serama Agar Berdiri Tegak

02 December 2011

Photobucket
Selain karena faktor keturunan, penampilan ayam serama dapat juga dioptimalkan dengan cara melatih. Seperti bagaimana cara melatih agar ayam Serama dapat berdiri tegak, ada banyak cara, mulai yang ekstrem sampai dengan “normal” tergantung sama si empunya Ayam Serama. Yang saya lakukan disini adalah bagian yang normal saja, karena nggak tega pakai yang cara ekstrem.

Berikut beberapa teknik yang bisa dilakukan :

Teknik Pemijatan atau Peregangan

Bertujuan untuk melemaskan otot-otot pada Ayam Serama agar tidak kaku.

Photobucket


Langkah pertama masukkan ibu jari dan jari telunjuk diselah-selah pangkal sayap ( gambar 1 ) tarik ke dalam dan tahan. Kemudian jari tengah menopang dada bagian bawah dan angkat ke atas ( gambar 2 ). Langkah kedua lakukan pemijatan pada pangkal leher bawah bagian belakang searah ke bawah ( gambar 3 ) lakukan dengan hati-hati usahakan agar kepala ayam serama selalu lurus menghadap ke depan, untuk menghindari cedera / terkilir, lakukan selama 15 – 30 menit setiap harinya.

Pijat bagian Dada
Photobucket

Bertujuan untuk membentuk dada pada Ayam Serama agar dapat membusung secara optimal. Caranya letakkan Ayam Serama pada permukaan meja dan pastikan kaki berdiri sempurna. Kedua jempol kita menahan tulang ekor ke atas, kedua jari kelingking menahan di belakang kaki, 3 jari sisanya tepat di dadaAyam Serama (seperti dalam gambar) melakukan gerakan ke atas dan tahan, jari telunjuk kiri dan kanan ( tanda panah ) melakukan gerakan mengetuk lembut pada dada Ayam Serama secara bergantian.

Teknik Sangkar Kawat
Photobucket

Tempatkan Ayam Serama pada sangkar kawat dengan tutup setinggi leher, agar Ayam Serama selalu mendongakkan kepalanya jika melihat keluar, tempatkan dari pagi hingga sore hari. Demikian juga pada kandang, tempatkan wadah pakan dan minum juga setinggi leher Ayam Serama.

Teknik Unthulan

Merupakan teknik kuno tapi cukup efektif, dengan cara menempatkan ayam serama yang dilatih dalam sangkar kawat lalu diluarnya (dapat juga diatas sangkar) diberi pejantan atau betina lain, dengan tujuan merangsang naluri emosinya bekerja



5 comments:

Unknown said...

Owhh..
Saya kira mang dari bayinya berdiri tegak...

December 13, 2012 at 2:35 AM
pondhen said...

kalo dgn tekhnik pemijatan apakah ayam serama gak kecetit / sakit bdanya ? Dan mulai umur berapa boleh di pijitin ? Mkasih sblumnya

February 19, 2013 at 4:32 PM
Unknown said...

Saya lagi masa proses pembentukan anakan serama....kira2 umur 2 bulan...

May 10, 2016 at 8:38 PM
Unknown said...

terimakasih min tips

October 8, 2016 at 10:39 AM
Unknown said...

Punya saya udh umur 2bulan gak membusungkan dadanya itu knp yh

January 23, 2019 at 7:26 PM

Post a Comment